Magetan, seputarjatim.co.id – Layanan Rumah Sakit dr. Sayidiman sudah jauh berbeda. Dulu, rumah sakit menjadi sasaran complain. Layanan buruk dan tidak ramah. Sampai banyak sekali pepatah, sakit masuk rumah sakit Sayidiman, bisa stroke.
Direktur RSUD dr Sayidiman Magetan, Rochmad Santoso menyampaikan semua kritikan, masukan akan segera di tangani.
“Pelayanan menjadi komitmen kami. Semua kritik, masukan baik yang kami dapatkan secara langsung, atau dari google review, atau dari layanan pengaduan publik di Kominfo, akan segera kami tangani. Saya perintahkan staf saya kalau ada pengaduan public, potong Kompas langsung laporkan saya,” kata Rochmad Santoso, Selasa (27/06/2023).
Rochmad juga menyampaikan pentingnya pelayanan, di setiap ada kesempatan kita bertemu dengan karyawan rumah sakit, dan Bupati juga berpesan agar manajemen ini juga menjadi wakil masyarakat.
“Saya sering keliling. Pak Bupati berpesan agar kami di manajemen ini juga menjadi wakil masyarakat. Kalau ada keluhan, harus direspon dan diperbaiki. Saya selalu lihat pelayanan di IGD dan rawat jalan, 70 persen kalau pelayanan di keduanya itu baik, maka semua pelayanan akan jadi baik,” jelasnya.
Penempatan Satyan(Satuan Pelayan) di rawat jalan dan IGD merupakan bagian dari peningkatan layanan rumah sakit. Dengan adanya Satyan, maka perawat bisa fokus, dan dokter bisa melakukan penanganan dengan cepat.
“Pak Bupati juga berpesan agar rumah sakit menggunakan teknologi. Karena itu, kami akan memasang rekam medis elektronik sehingga
layanan obat, poli, dan yang lain bisa terintegrasi dengan dokter, sehingga dokter bisa cepat membuat resep,” ungkapnya.
Pasien kini, juga tak perlu menunggu obat di ruang farmasi karena ada layanan antar, sehingga waktu bisa digunakan untuk keperluan lain.
“Ada kata-kata Pak Bupati yang kami ingat terus, yakni masyarakat Magetan ini ciloko masuk rumah sakit karena masuk rumah sakit Magetan harus dirujuk ke tempat lain. Misalnya, sakit jantung dirujuk ke Madiun, Solo, atau Surabaya. Karena itu, kami bertekad untuk terus mengembangkan layanan unggulan,” pungkasnya. (*/SJ)