Sabtu, 5 Juli 2025
BerandaBisnisCara Optimasi Halaman GMB Untuk Bisnis Anda

Cara Optimasi Halaman GMB Untuk Bisnis Anda

-

Tahukah anda bahwa Google memiliki fasilitas atau alat penunjang pemasaran bisnis bernama GMB atau Google My Business. Anda mungkin tidak tahu bahwa hal ini merupakan alat optimasi mesin pencari lokal, atau SEO. Kali ini kita akan membahasa cara optimasi halaman GMB untuk pemasaran bisnis anda.

Bisnis Anda mungkin sudah memiliki Profil Bisnis atas namanya, baik karena Anda sudah membuatnya atau belum. Kami di sini untuk menunjukkan kepada Anda tujuh cara untuk mengoptimalkan halaman Google Bisnisku dan menarik lebih banyak konsumen dalam pasar! Lihat apa yang membuat alat gratis ini begitu unik dan apa saja yang bisa anda lakukan untuk optimasinya

Apa itu Google Profil Bisnis?

Bisnis besar dan kecil ingin terlihat di hasil pencarian Google. Metode yang telah dicoba dan sangat mudah untuk itu adalah dengan membuat listingan profil bisnis anda di GMB. Profil Bisnis muncul di Google Maps dan di hasil lokal Google Penelusuran. Ini menjadikan Profil Bisnis Anda sebagai alat SEO dan alat pemasaran yang efektif dengan beberapa trik sederhana.

Apa itu Google Bisnisku?
Google Bisnisku adalah alat yang Anda gunakan untuk mengakses, mengelola, dan mengoptimalkan Profil Bisnis serta mempromosikan informasi bisnis Anda di semua aplikasi Google yang relevan, seperti Penelusuran dan Maps. Dengan Google Bisnis Ini memungkinkan Anda untuk:

  • Terhubung dengan pelanggan masa lalu dan masa depan secara online.
  • Posting update ke profil bisnis Anda.
  • Lihat cara pelanggan berinteraksi dengan bisnis Anda di Google salah satunya termasuk dengan meninggalkan ulasan

Apakah listingan sudah ada untuk bisnis Anda atau belum. Jika belum, Anda dapat membuat akun Google Bisnisku. Kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah untuk melakukannya selanjutnya.

Cara membuat akun Google Bisnisku

Anda dapat membuat akun Google Bisnisku hanya dalam beberapa langkah singkat. Setelah itu, Anda akan dapat mengelola Profil Bisnis yang Anda siapkan untuk bisnis Anda. Inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Pergi ke www.google.com/business
Anda mungkin ingin menandai alamat ini untuk akses cepat di masa mendatang. Anda akan memerlukannya untuk mengakses akun Google Bisnisku (GMB). Jika listingan untuk bisnis Anda sudah ada, Anda dapat mengklik link “Miliki bisnis ini?” di dalam listingan. Ini akan mengarahkan Anda ke alamat web yang sama.

2. Masuk dengan akun Google
Belum punya akun Google? Anda dapat membuat akun gratis dalam beberapa menit dari www.google.com/accounts dengan alamat email apa pun. Sebaiknya lampirkan ini ke akun bisnis, dan bukan hanya akun pribadi satu karyawan.

3. Masukkan nama bisnis Anda
Pastikan untuk mengejanya dengan benar dan mengkapitalisasi huruf pertama dari setiap kata. Akurasi nama ini sangat penting, Hal ini mungkin kesan pertama yang dimiliki pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Masukkan alamat bisnis Anda
Google harus memverifikasi bahwa bisnis Anda ada. Untuk hal tersebut, Anda harus memasukkan alamat bisnis Anda. Ingat, Anda tidak dapat menggunakan kotak kantor pos (POBOX) dan Anda dibatasi untuk satu bisnis per tempat tinggal. Pastikan untuk selalu memperbarui ini, terutama jika bisnis Anda berpindah lokasi!

5. Pilih apakah Anda memilki layanan offline atau hanya online
Apakah Anda ingin pelanggan mengunjungi kantor Anda, atau apakah Anda membuat profil layanan secara virtual atau temu janji online saja? Google Bisnisku memungkinkan Anda menetapkan preferensi, termasuk radius yang lebih besar di sekitar bisnis Anda jika Anda mau.

6. Pilih kategori bisnis utama
Ini adalah keputusan penting karena secara langsung mempengaruhi SEO. Google akan menggunakan jawaban Anda di sini untuk menilai relevansi bisnis Anda dengan penelusuran pelanggan potensial.

Jika pelanggan menelusuri “pusat layanan pelanggan di dekat saya” tetapi bisnis Anda terdaftar sebagai pusat penjualan, bisnis tersebut mungkin tidak muncul terlebih dahulu di hasil penelusuran. Untuk alasan itu, mungkin masuk akal untuk membuat daftar bisnis terpisah untuk pusat penjualan dan layanan pelanggan.

7. Tambahkan alamat situs web dan nomor telepon Anda
Panggilan telepon dan klik situs web keduanya dilacak oleh Google Bisnisku. Seperti biasa dalam hal daftar bisnis, pastikan informasi Anda akurat. Pelanggan bisa bingung jika mereka melihat angka yang berbeda antara GMB dan situs web Anda.

8. Verifikasi Alamat Anda
Google akan meminta Anda menyelesaikan proses verifikasi sebelum dapat mengelola informasi bisnis Anda di Google Penelusuran dan Google Maps.

Prosesnya biasanya akan melibatkan kartu pos yang dikirim ke alamat bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Google untuk memastikan bahwa (1) informasi bisnis Anda akurat dan (2) hanya Anda, pemilik atau pengelola bisnis, yang memiliki akses ke akun tersebut.

9. Lengkapi akun Google Bisnisku
Tambahkan lebih banyak informasi ke akun Google Bisnisku sehingga memiliki semua yang dibutuhkan Google dan calon pelanggan untuk mengidentifikasi dan menemukan Anda.

Cara Mengoptimalkan Google Bisnisku di Tahun 2022

Dunia bisnis semakin virtual. Meskipun pergeseran ini setidaknya sebagian dapat dikaitkan dengan pandemi COVID-19, sebagian besar telah berlangsung jauh sebelum itu. Dan bahkan ketika pandemi surut, bisnis virtual akan tetap ada. Mengingat hal itu, kehadiran online bisnis Anda lebih penting dari sebelumnya. Untuk tahun 2023, sebaiknya gunakan strategi ini untuk mengoptimalkan listingan Google Bisnisku.

A. Klaim halaman Anda jika Anda belum melakukannya
Sebelumnya, kami membahas langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengklaim profil Google Bisnisku. Dengan akun Google atau Gmail, hanya perlu beberapa menit untuk membuat akun Google Bisnisku dan mengklaim Profil Bisnis Anda.

B. Tambahkan foto
Berikut statistik untuk Anda: Bisnis yang menggunakan foto di listingan mereka menerima 35% lebih banyak klik ke situs web mereka daripada bisnis yang tidak. Tanpa ragu, konten visual melibatkan dan menarik pengguna lebih dari sekedar postingan kata saja. Berhati-hatilah saat memilih foto untuk listingan Google Bisnisku. Anda akan menginginkan foto yang sesuai dengan citra merek yang ingin Anda sampaikan dan sesuai karakter bisnis anda

Buat pengunjung virtual merasa seperti mereka mengenal bisnis Anda sebelum mereka mampir untuk kunjungan langsung jika mereka memilih untuk melakukannya. Berapa banyak gambar yang Anda butuhkan? Sebaiknya tambahkan setidaknya tiga hingga enam foto ke profil Google Bisnisku.

Perlu diingat bahwa platform ini juga menawarkan kemampuan tur virtual. Untuk melihat 360 derajat di sekitar ruang kantor Anda, sewalah fotografer profesional untuk mengambil gambar di lingkungan sekitar bisnis anda berada

C. Kumpulkan ulasan
Apa yang orang lain katakan tentang bisnis Anda jauh lebih berharga daripada apa yang Anda katakan tentang hal itu. Nah, Google Bisnisku memungkinkan Anda untuk menyimpan ulasan di profil Anda. Jika Anda memiliki kepercayaan pada bisnis Anda, kami sarankan untuk melakukan hal itu! Manfaatnya jelas, karena hampir 90% konsumen mempercayai ulasan online sebanyak rekomendasi pribadi mereka.

Ulasan memberi orang kesaksian yang lebih pribadi tentang pekerjaan yang Anda lakukan. Mereka menunjukkan kepada orang-orang bagaimana mungkin terlihat dan terasa  yakin untuk melakukan bisnis dengan Anda.

Dan manfaatnya tidak berakhir di situ! Lebih banyak ulasan dapat membuat halaman Google Bisnisku dilihat oleh pengguna yang lebih relevan. Jika halaman Anda memiliki setidaknya beberapa puluh ulasan, misalnya, Google kemungkinan besar akan menampilkannya di listingan yang dipetakan. Ingin lebih banyak ulasan untuk bisnis Anda? Jangan ragu untuk meminta pelanggan setia atau puas untuk meninggalkan ulasan di google.

D. Tetapkan area layanan Anda
Dengan akses ke alamat fisik bisnis Anda, pembeli online akan tahu di mana Anda mendasarkan operasional pasar Anda. Namun, itu tidak berarti bahwa layanan Anda harus dibatasi pada area yang sama.

Begitu banyak bisnis telah menjadi virtual dalam beberapa tahun terakhir dan bahkan bisnis yang mungkin tidak menargetkan beberapa lokasi. Google Bisnisku memungkinkan Anda menetapkan lebih dari satu area layanan untuk bisnis Anda dan memberi peringkat yang sama. Anda dapat mengatur area layanan ke wilayah, kota, atau kode pos mana saja yang paling relevan dengan jangkauan bisnis Anda.

E. Tambahkan deskripsi bisnis
Dari akun Google Bisnisku, kini Anda dapat menambahkan deskripsi bisnis untuk memberi tahu pengguna apa yang Anda lakukan misal produk, layanan, dan nilai apa yang Anda berikan.

Anda harus singkat. Deskripsi hanya memungkinkan untuk 750 karakter. Padukan deskripsi bisnis Anda yang menarik dengan kata kunci SEO untuk membantu Google mengenali kapan bisnis Anda relevan dengan kueri penelusuran.

Pikirkan tentang cara pengguna menelusuri dengan kata apa yang akan diketik pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Gunakan mereka dalam deskripsi bisnis Anda dan jaga agar deskripsi itu sendiri terorganisir dengan baik dan mudah diikuti. Jangan “spam kata kunci”, melainkan jaga agar kata kunci tetap konsisten dengan branding dan layanan dunia nyata Anda.

F. Optimalkan untuk lokal
Saat Anda menyiapkan akun Google Bisnisku, Google akan meminta Anda untuk menelusuri bisnis Anda. Beginilah cara Anda mengklaimnya sebagai milik Anda dan dengan melakukan itu, memastikan bahwa Anda tidak menduplikasi halaman atau lokasi Anda.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Anda mencantumkan nomor telepon di halaman Google Bisnisku. Pastikan untuk menggunakan kode area lokal untuk menarik prospek lokal yang mungkin lebih bersedia bekerja dengan Anda.

Ingat, jaga agar nama, alamat, dan informasi kontak telepon Anda konsisten dan akurat di semua platform online. Ini tidak lebih dari sekadar menghindari kebingungan dan hal ini membantu mengoptimalkan halaman Anda untuk penelusuran lokal.

G. Kategorikan bisnis Anda
Kami menyebutkan yang ini sebelumnya juga dalam proses pengaturan. Perlu ditekankan sekali lagi karena kategori akan menghubungkan Anda dengan pelanggan yang mencari layanan dan produk yang Anda tawarkan.

Jadi, berhati-hatilah untuk mengkategorikan bisnis Anda dengan cara yang masuk akal. Google tidak mengizinkan Anda membuat kategori Anda sendiri, jadi Anda harus memilih dari opsi yang mereka sediakan.

Pilih kategori utama yang menggambarkan bisnis Anda secara keseluruhan. Anda akan dapat menambahkan lebih banyak kategori yang ada di layanan dan/atau produk tertentu yang Anda tawarkan dan yang mungkin relevan dengan kueri pencarian.

Dapatkan wawasan tentang pencarian lokal. Saat menggunakan strategi di atas untuk mengoptimalkan listingan Google Bisnisku, Anda bisa mendapatkan insight utama dari akun Anda. Gunakan fitur dasbor untuk mengukur audiens Anda dan kinerja pencarian lokal. Di tab analitik, Anda dapat melihat:

  • Kueri penelusuran yang digunakan pelanggan untuk menemukan Profil Bisnis Anda.
  • Apakah pelanggan menemukan Anda di Google Maps atau Google Penelusuran.
  • Bagaimana kinerja foto Anda dibandingkan dengan profil lain dalam kategori Anda.
  • Anda juga dapat melihat perincian tindakan yang dilakukan pada listingan bisnis Anda. (Apakah pengguna mengklik ke situs web Anda atau menanyakan arah ke bisnis Anda?) Semua wawasan ini adalah data penting dalam hal mengoptimalkan halaman Google Bisnisku dan strategi pemasaran digital Anda secara keseluruhan.

Mengetahui dari mana pelanggan berasal dan langkah apa yang mereka ambil dalam proses membeli sangat berharga bagi bisnis di mana pun!

Apakah saya memerlukan situs web, atau apakah halaman Google Bisnisku cukup?
Google Bisnisku adalah cara penting untuk membuat bisnis Anda lebih terlihat di hasil penelusuran. Namun, sama pentingnya dengan Profil Bisnis di Google, profil bisnis ini tidak berfungsi sebagai pengganti situs web perusahaan.

Sebaliknya, halaman Google Bisnisku berfungsi dengan cara yang saling melengkapi. Ini menawarkan kesempatan untuk melihat informasi bisnis Anda di Halaman Satu dari hasil pencarian lokal dan mengarahkan ke situs web Anda. Jadi, berikut adalah beberapa alasan lagi Anda harus berinvestasi di situs web selain akun Google Bisnisku milik Anda:

Pembeli mengharapkan bisnis kecil memiliki situs web
Saat ini situs web sama pentingnya bagi bisnis Anda seperti nomor telepon dan Anda dapat menautkan keduanya dari halaman Google Bisnisku. Bahkan, Anda bisa kehilangan hingga 70 atau 80 persen konsumen tanpa situs web untuk menarik mereka.

Situs web menawarkan cara untuk menceritakan kisah bisnis Anda (secara visual dan dengan kata-kata) serta menampilkan produk dan layanan Anda dengan cara yang tidak dapat ditandingi oleh listingan Google Bisnisku yang sangat terbatas.

Situs web merupakan tempat atau pusat untuk kampanye pemasaran Anda
Tidak diragukan lagi kehadiran pemasaran digital Anda mencakup berbagai elemen seperti Google Bisnisku, media sosial seperti Facebook atau Instagram, dan hal lainnya. Namun, tanpa website, semua pemasaran itu akan terputus tanpa terpusat.

Situs web Anda harus menjadi pusat pemasaran digital itu. Tidak hanya dapat menautkan ke dan dari semua berbagai daftar dan akun media sosial Anda, tetapi juga ruang yang dapat Anda sesuaikan dan kendalikan.

Selain mendukung konversi dan penjualan, situs web Anda adalah tempat terbaik untuk mengumpulkan data pelanggan pihak pertama. Ini dapat menawarkan keterlibatan langsung melalui formulir dan alat konversi lainnya:

  • Penjadwalan janji temu
  • Langganan blog]
  • Pembelian langsung
  • Pengajuan lamaran kerja
  • Pendaftaran buletin

Dengan Website Pribadi anda memiliki kontrol penuh pada bisnis anda
Google Bisnisku adalah sumber daya yang tak ternilai bagi bisnis Anda. Ini adalah hub tempat Anda dapat mengumpulkan dan mengelola ulasan, melihat bisnis Anda di Penelusuran dan Maps (di antara aplikasi Google lainnya), dan membantu orang mempelajari bisnis Anda.

Namun, bahkan saat Anda memanfaatkan potensinya, ingatlah bahwa Anda tidak benar-benar memiliki kendali penuh atasnya. Google yang memiliki ini. Yang perlu diingat, google memiliki sejarah panjang perubahan mendadak pada produk dan layanannya. Tanyakan kepada ahli strategi SEO mana pun tentang algoritme penelusuran Google, dan Anda akan melihat apa yang kami maksud.

Google dapat mengubah aspek Profil Bisnis Anda yang muncul di hasil penelusuran. Ini dapat menghapus listingan Anda jika melihat sesuatu yang tidak mengikuti aturan Google.

Tidak semua orang menggunakan Google Bisnisku
Tentu, Google Bisnisku adalah cara mudah untuk mendapatkan informasi tentang bisnis dengan cepat. Jika Anda mencari di perangkat seluler, itu bahkan lebih nyaman. Namun, perlu diingat bahwa Google Bisnisku hanya akan muncul di Google.

Ya, Google memang merupakan pasar mesin pencari terbesar tetapi mereka tidak memiliki seluruh pasar. Bing masih cukup populer, dan bersama dengan mesin pencari lainnya, ada ceruk di mana Google Bisnisku tidak ada atau tidak ditampilkan. Situs web Anda akan hadir tidak peduli mesin pencari yang digunakan. Sementara Google Bisnisku adalah cara yang bagus untuk masuk ke radar pelanggan, begitu juga situs web.

Manajemen Reputasi dan Google Bisnisku
Anda memiliki gambar online untuk dipertahankan! Mengingat bahwa Google Bisnisku adalah sumber nomor satu ulasan online tepercaya, dan bahwa pembeli membaca ulasan sebelum mereka memilih untuk berbisnis, reputasi online Anda sangat penting.

ulasan yang tersisa di Google Bisnisku muncul di Google Maps dan di hasil Google Penelusuran. Ini adalah salah satu ulasan yang paling terlihat, dan Google juga menggunakan ulasan pelanggan sebagai faktor peringkat.

Membangun Integritas Bisnis dengan Google Bisnisku
Google Bisnisku mungkin hanya satu alat, tetapi memiliki dampak yang sangat besar di ruang digital. Ini bukan hanya ide yang bagus untuk pemasaran lokal tetapi suatu keharusan. Oleh karena itu anda perlu melakukan optimasi pada halaman googgle my business anda. pastikan ikuti langkah langkah yang kami berikan dan semoga artikel ini memberi manfaat pada anda.

Print Friendly, PDF & Email

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti

Berita Terbaru